Microsoft Excel merupakan spreadseet yang banyak dipakai
orang dengan salah satu kelebihannya adalah pembuatan tabel. Dengan membuat
data excel menjadi tabel kita bisa menganalisa data secara bebas, baik untuk
dilakukan perhitungan/penjumlahan nilai kolom, formatting, penyaringan (filter)
pada kolom tabel, menghilangkan duplikasi data, atau bahkan untuk di publish
agar bisa digunakan oleh aplikasi lain seperti halnya menggunakan tabel dari
sebuah database. Untuk membuat Tabel di Microsoft Excel anda dapat menggunakan
langkah berikut :
read more “Cara Membuat Tabel Di Excel”
1. Ketik
data untuk tabel anda, termasuk untuk judul kolom (field) bila anda ingin
berikan.
2. Selanjutnya
blok data ketikan anda tersebut
3. Kemudian
klik ribbon Home
4. Pada grup
Styles klik tombol Format As Table
5. Lalu
pilih salah satu format tampilan tabel, misalkan kita memilih Table Style Light
10
6. Anda kini
telah memiliki data tabel baru
·
Bila format tampilan tabel
tidak sesuai dengan keinginan anda, silahkan anda atur saja kembali format
tampilan tabel tersebut
·
Data tabel anda juga bisa
dibuat menjadi pivot tabel yang berguna untuk membuat summary atau ikhtisar
dari data seperti nilai total penjumlahan, rata-rata, minimum, maksimum, dan
lain sebagainya.