Sabtu, 12 Oktober 2013

Perbedaan javascript dan jquery

Perbedaan antara javascript dan jquery sering menimbulkan pertanyaan, dari segi penulisan maupun penggunaanya. Berikut ini saya akan berbagi tentang apa Perbedaan javascript dan jquery tersebut.
Perbedaan dari definisi javascript dan jquery

Javascript adalah bahasa pemrograman yang dirancang untuk berjalan di lingkungan klien yang dikombinasikan dengan dokumen HTML. Javascript dijalankan dengan bantuan browser sehingga dapat melakukan interaksi dengan user, melakukan kontrol browser dan memanipulasi dokumen web saat ditampilkan.
Sedangkan jquery adalah komponen/librari/framework yang dibuat dari javascript dengan tujuan memudahkan seorang programmer dalam menggunakan fungsi-fungsi yang lebih rumit. Dengan jquery, seorang programmer bisa lebih leluasa dan mudah melakukan kontrol/manipulasi halaman web. Oleh karena kemudahan tersebut jquery memiliki semboyan "write less, do more" yang bisa kita artikan dengan sedikit menulis kode tapi dapat melakukan banyak hal.
Jquery dibangun dengan berorientasi objek sehingga akan lebih optimal dan memiliki kemampuan yang lebih luas untuk menciptakan serta memanipulasi halaman web yang dikirimkan ke browser pengguna.
Mari kita lihat bagaimana penulisan javascript dan javascript untuk melakukan sebuah manipulasi background dokumen html berikut:

Javascript

<script language="javascript">
function changeBackground(color)
{
  document.body.style.background = color;
}
onload="changeBackground('red');"
</script>

Jquery
   
<script>
  $('body').css('background', '#ccc');
</script>




-Sumber  : http://www.zainalhakim.web.id/posting/perbedaan-javascript-dan-jquery
Templateby :kendhin www.kopenkudamai.blogspot.com